Pasang Bracket Peninggi Footstep/Riser di CBR 250R: alternatif penggunaan Footstep Underbone

Berawal dari keinginan saya untuk mendapatkan posisi riding yang lebih nunduk agar lebih racy serta kontrol yang lebih baik saat melakukan cornering, namun masih sayang isi dompet karena harga footstep underbone yang cukup mahal menurut saya (mahal itu relatif! hehe 🙂 ) apalagi melihat bentuk jalu/pijakannya yang bagi saya pribadi tidak nyaman karena akan cukup licin ketika diinjak. Sempat saya mencoba MC41 milik teman di komunitas yang menggunakan footstep underbone. Bagi saya cukup tidak nyaman: pijakan kaki yang tanpa karet cukup licin bagi saya; posisi pijakan yang dinaikkan cukup tinggi membuat lutut saya naik ke atas sehingga lutut bersenggolan dengan siku saya. Memang untuk riding position, saya  sedikit menunduk dan membengkokkan siku, karena jika saya terlalu tegak, pergelangan tangan akan terbebani sehingga menjadi kesemutan.

gl-solo03

Ergonomi CBR 250R

Pada kesempatan lain, saya berkesempatan mencicipi MC41 milik teman yang menggunakan footstep asli pabrik, namun ditambah dengan semacam peninggi agar posisinya seperti menggunakan footstep underbone. Ketika saya coba menunggangi motornya terasa mantap tenan! Pas banget untuk saya. Akhirnya saya memutuskan untuk ikutan membeli peninggi footstep/riser. Sesuai dari info teman saya tersebut, penjualnya cuma dari toko online Bamar Speedshop yang merupakan milik salah satu blogger, yakni Kang Bambang Aruman.

Bamar Speedshop merupakan toko onlinenya Bambang Aruman alias Bamar yang juga ada di blognya yakni https://karismahideung.wordpress.com. Silahkan di cek toko onlinenya, sekalian blognya juga, sangat bermanfaat :).

Senin siang hari tanggal 26 Oktober 2015 saya hubungi nomornya Kang Bamar yang tercantum di toko onlinenya lewat aplikasi WhatssApp. Tidak butuh waktu lama langsung dibalas, dikasih harga sama gambar. Saya deal, langsung transfer, konfirmasi transfer sama ngasih alamat, Rabu pagi tanggal 28 Oktober 2015 saya sudah menerima paket tersebut di kantor saya (paket langsung dikirim dari lokasinya Kang Bamar di Jawa Barat ke saya di Jakarta Pusat). MANTAP JAYA deh pelayanannya! Kalo bahasa Kaskusnya Reccomended seller banget Kang Bamar ini, fast response lagi. hehehe

Box Pengiriman

Packing-an dari Kang Bamar sangat rapi, barang pembelian saya dibungkus dengan box yang terbuat dari karton tebal, sedangkan footstepnya direkatkan dengan semacam doubletape agar menempel pada bagian dalam box dan tidak terbentur-bentur. Isi packingan sendiri berupa 2 buah footstep riser (kiri & kanan) berwarna hitam doff/black matte, 4 buah baut, 4 mur, dan 1 set baut & mur extension yang berfungsi untuk memperpanjang baut shifter/pedal persneling (ga tahu nama sebenarnya apaan). Footstep riser tersebut terbuat dari material SS41 plating nickel (copas dari Kang Bamar, saya ga ngerti artinya 😀 ), tebalnya 6mm, plug n play ke CBR250R.

 

Jpeg

Isi Paket Footstep Rider dari Kang Bamar

Terdapat 6 pilihan posisi pemasangan. Posisi pemasangannya sesuai selera sama kenyamanan sendiri saja. hehe. Masangnya gampang banget kok. tinggal bongkar-pasang dikit aja, beberapa menit beres 🙂

Langkah pertama tentunya adalah membuka Footstep. cukup membuka bautnya dengan kunci L (tanpa mur belakang).

Jpeg

Footstep kanan

Jpeg

Footstep Kiri

Jpeg

Cukup dengan kunci L

Jpeg

Baut yang terpasang pada footstep bawaan

Selanjutnya memasang riser tersebut pada rangka/dudukan footstep. Tinggal menggunakan kembali baut bawaan footstep tadi. Pastikan terpasang dengan kokoh.

Jpeg

Pasang riser ke rangka

 

Terakhir, pasang footstep yang lama ke riser. Terdapat 6 pilihan posisi, semuanya tergantung selera dan kenyamanan masing-masing. Saya sendiri menggunakan lubang tengah pada deretan belakang. (sebagai catatan, beberapa teman yang menggunakan lubang atas deretan belakang, bagian belakang footstepnya menyenggol footstep boncenger )lihat gambar di bawah)). Untuk pemasangan footstep ke riser, harus ditambahkan mur dari bagian dalam (sudah termasuk paket dari Kang Bamar).

Untuk sebelah kanan pasang dengan teliti dan hati-hati. Jangan sampai selang minyak rem terlipat. Jangan lupa juga untuk mengatur pedal remnya. Gampang kok, tinggal putar aja murnya :). Pasang Atur sesuai dengan selera dan kenyamanan masing-masing.

Jpeg

Posisi awal selang rem sebelum diberi riser. Bagian footstep ini yang bersenggolan kalau footstep di pasang pada lubang riser paling atas

Jpeg

Footstep+Riser terpasang di kanan

Jpeg

Mengatur pedal rem

Untuk sebelah kiri, jangan lupa menyesuaikan panjang baut sambungan (extension) shifter/pedal persneling. Posisi tentunya sesuai kenyamanan masing-masing apakah lebih tinggi atau lebih rendah. Sekali lagi, atur sesuai dengan selera dan kenyamanan masing-masing.

Jpeg

Buka Baut Shifter untuk dipasangi extension

Jpeg

Pasang baut Shifter, stel panjangnya sesuai kenyamanan

Jpeg

Baut Extension Shifter terpasang (itu jari kotor amat yak, 😉 )

Jpeg

Putar sesuai kenyamanan

Jpeg

Footstep+Riser terpasang di kiri

Sebelum dikendarai, pastikan semuanya terpasang dengan kokoh. Lakukan fine-tune terhadap rem dan pedal shifter agar sesuai dengan Riding Position demi kenyamanan dan keamanan masing-masing.

So, bagi rekan-rekan yang ingin berhemat (seperti saya) atau memang lebih nyaman menggunakan footstep bawaan CBR, Footstep Riser merupakan alternatif yang tepat.

Semoga bermanfaat :).(TBS)

Iklan

3 pemikiran pada “Pasang Bracket Peninggi Footstep/Riser di CBR 250R: alternatif penggunaan Footstep Underbone

  1. Ping balik: Filter Ferrox CBR 250R Tidak Pas? Ini Solusinya! | The Biker Stig

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s