Filter Ferrox CBR 250R Tidak Pas? Ini Solusinya!

Halo pembaca sekalian pada umumnya dan para Rider CBR 250R khususnya. Di antara para pembawa kendaraan mungkin pernah mendengar tentang Filter Udara Ferrox, dan bagi para pengendara CBR 250R yang menggunakan Filter Udara Ferrox CBR 250R mungkin mengalami masalah, yakni filter Ferrox yang tidak pas dengan box filternya.

Jpeg

Filter Udara CBR 250R

Dari gambar di atas terlihat jelas bahwa filter ferrox sedikit lebih kecil dari filter udara ori CBR 250R. Filternya sih bisa saja terpasang pada filter box, namun tidak cukup kokoh. Nah, saya punya solusi sederhana untuk mengatasi malasah ini.

Problemnya adalah dimensi filter ferrox yang sedikit lebih kecil dari filter pabrikan dan pinggirannya yang terbuat dari karet yang bersifat elastis, sehingga pengait yang ada pada filter ferrox tidak terpasang kuat pada box filter udara pada motor. Sedikit guncangan saja filter akan terlepas dari dudukannya. Salah satu solusi yang saya pikirkan adalah memperpanjang pengait Filter Ferrox dengan memberikan sambungan buatan sendiri.

Alat yang dibutuhkan:

  • Kertas Packingan tebal 1mm
  • Gunting
  • Isolasi/lakban coklat
  • Lem

Sambungannya dapat dibuat menggunakan kertas packingan yang tebalnya 1mm. Kebetulan waktu beli footstep riser beberapa waktu lalu dapat kertas packingan yang bagus, jadinya saya manfaatkan saja.

Gunting kertas packingan tersebut. Lebarnya disesuaikan dengan lebar lidah pengait filter udara. Panjangnya cukup 5 cm saja, atau 2 kali dari panjang lidah pengait filter. Jangan lebih panjang, nanti akan lebih susah memasang filter ke box filternya. Buat sambungan ini sebanyak 4 buah, masing-masing 2 untuk setiap pengait agar ketebalannya sama dengan pengait aslinya.

Caranya kedua potong kertas packingan itu tempel satu sama lain, ujung yang satu di lem, sedangkan ujung yang lainnya yang tidak di lem dijepitkan ke lidah pengait filter. pasang pada lidah filter yang digunakan untuk mengait ke bagian dalam box filter pada motor (bukan yang menghadap keluar/ke tutup box). Karena pengait di sini lebih panjang makanya lebih mudah di modifikasi.

Pasangkan ke lidah pengait filter dengan menggunakan isolasi.

Jpeg

Filter Ferrox modifikasi Biker Stig

Agar terpasang dengan kuat, bungkus dengan isolasi/lakban coklat biar kokoh. Lebih baik menggunakan Isolasi. Bisa saja pakai lem, tapi bisa merusak karet filternya. Sayang toh filter mahal. Hehehe

Jpeg

Gulung/lilitkan lakban seperlunya. Pokoknya sampai dirasa cukup kuat.

Jpeg

Siap dipasang

Masukkan filter ke dalam tempatnya, tekan sedikit agar bisa masuk dan terpasang sempurna di tempatnya. Pinggiran filter terbuat dari karet, jadi dipaksakan sedikit tidak apa-apa.

Jpeg

Fits perfectly 🙂

Kalau filter tidak bisa dipasang mungkin sambungan kepanjangan. Kalau bisa masuk sempurna, coba di goyang-goyang, diketok-ketok, ato ditarik ke bawah sedikit, gampang lepas apa tidak. Kalau gampang lepas berarti sambungannya masih terlalu pendek. Kalau sudah terpasang steady pada tempatnya berarti sudah pas.

Selesai memasang filter modifikasi tersebut, saya coba untuk buka lagi, harus di push sedikit biar bisa lepas. Jadi lebih kokoh tentunya. Setelah saya test bawa motor morning ride keliling jakarta, filternya masih terpasang kokoh ada tempatnya.

Dari saya solusinya seperti ini. Mungkin yang punya solusi lain, boleh disampaikan.

Sekian, semoga bermanfaat 🙂 (TBS)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s