Pelindung Knalpot Alternatif Pengganti Exhaust Slider

Halo riders sekalian. Kali ini kita membahas masalah knalpot. Memang part motor yang satu ini sangat vital keberadaannya. Knalpot bertugas memproses kembali hasil pembakaran antara bahan bakar dengan oksigen yang terjadi diruang bakar, agar dapat dimanfaatkan sebagai tenaga tambahan. Apabila knalpot tidak berfungsi sebagaimana dengan mestinya maka bisa menghasilkan proses pemanfaatan hasil pembakaran dari mesin yang kurang optimal. Sehingga memungkinkan terjadinya boros bahan bakar serta tenaga motor yang kurang optimal “Loyo”. Oleh karena itu knalpot juga butuh perhatian ekstra. Yang akan dibahas kali ini adalah tentang pelindungnya. Yak, pelindung knalpot dari kerusakan apabila terjadi hal yang tidak diinginkan, dalam hal ini crash atau jatuh. Apalagi kalo knalpotnya impor yang harganya relatif mahal, rusak sedikit saja mungkin sudah nangis.

dr_d_03

Kalo kejadian kayak gini, sedih ga bro?

Salah satu cara yang digunakan untuk melindungi knalpot yaitu menggunakan Exhaust Slider, yakni semacam jalu yang dipasang di dekat foot step belakang. Tapi exhaust slider ini ngeri juga brads, bisanya sih buatan WTC, KOSO, Nitex, dll. sepertinya kalau jatuh sih knalpot aman terlindungi.. tapi benturan yang keras sepertinya rawan merusak foot step belakang, bahkan bisa merusak rangka. Apakah ada alternatif pelindung knalpot yang lebih aman? Monggo disimak…

861435_20130520113721

Contoh pemasangan

Dari gambar di atas terlihat bagaimana sebuah exhaust slider akan melindungi knalpot saat terjadi crash, namun risikonya tentu juga bahaya; apabila benturan atau impact yang terjadi cukup keras, bracket footstep belakang bisa rusak, bahkan rangka pun mungkin juga bisa rusak. Sebagaimana rider semua tahu, kalau rangka motor sudah rusak sulit sekali urusannya, mending di lem biru aja, alias lempar yang lama, beli yang baru. hehehehe. Belum lagi bentuk exhaust slider yang melebar, juga berisiko menyenggol kaki rider sendiri (pengalaman sendiri), atau bahkan mungkin pengendara lainnya.

Nah, karena risiko penggunaan exaust silder itu alternatifnya yaitu menggunakan COVER EXHAUST PROTECTOR, pelindung knalpot yang dipasang langsung pada silencer knalpot. Selain lebih aman, bentuknya yang lebih good looking juga menambah keindahan knalpot.

Cover Exhaust Protector yang paling terkenal sih buatan R&G, tapi harganya bagi biker kelas menengah seperti saya cukup bikin dompet tipis juga. Kebetulan beberapa waktu lalu saya dengar dari komunitas kalau ada produk lokalan alias KWannya. Harganya juga lebih terjangkau. Langsung saja saya googling produk tersebut. Benar saja, gampang toh nyarinya.

Jpeg

Cover Exhaust Protector WR3

Bentuknya simple saja, seperti bracket knalpot, ada karet ke bagian yang memeluk knalpot, sehingga bisa menyesuaikan dengan bentuk knalpot. Untuk bagian luar terdapat semacam plastik, bagian inilah yang digunakan untuk melindungi knalpot.

Jpeg

Tampak Depan (what about that scar on the wrist? I’m forget where it coming from 😦 )

Bagian belakangnya seperti Bracket Knalpot. Ada bautnya, jadi untuk mengencangkan tinggal diputar.

Jpeg

Tampak Belakang

Tinggal pasang ke bagian knalpot yang mungkin paling rawan menyentuh aspal saat motor crash (boleh di ujung silencer, boleh di pangkal silencer, di dua-duanya kalo mau). Sesuaikan posisi pemasangannya, lalu kencangkan dengan memutar bautnya.

Jpeg

Selain lebih aman, pelindung ini juga menambah tampilan. Knalpot juga terlihat lebih bagus.

Selanjutnya tinggal melepas exhaust slider yang sudah ada.

Sekian, semoga bermanfaat :). (TBS)

Iklan

3 pemikiran pada “Pelindung Knalpot Alternatif Pengganti Exhaust Slider

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s